jalan-jalan, Jawa Timur, Surabaya, Wisata Surabaya

Wisata Hutan Kota Pakal Surabaya

Hutan-kota-pakal

Akhir-akhir ini saya menemukan passion baru, mengunjungi tempat-tempat baru. Jiwa petualangan saya yang telah lama terpendam kembali begejolak. Meski dulu sempat menciut gara-gara malas pergi sendiri karena malu dan nggak percaya diri  dilihatin  orang, sekarang saya justru mulai nyaman ke mana-mana sendiri. Menyenangkan sih, menambah pengalaman saya jalan-jalan sendiri.

Nah, adakalanya teman saya mengajak jalan untuk hunting foto. Seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu mengunjungi museum De Javasche Bank. Nah minggu kemarin, saya dan Ajeng datang ke Hutan Kota Pakal. Ini kunjungan kedua saya, sedang Ajeng baru pertama.

Sekilas Tentang Hutan Kota Pakal

Menurut informasi yang saya peroleh, sebenarnya hutan Kota Pakal ini sudah dibuka sejak lama. Hanya saja minim pemberitaan. Dan baru ramai belakangan ini. Akses lokasinya masih ala kadarnya dan harus menyebrangi Rel Kereta Api yang cukup berbahaya karena tidak berpalang.

Hutan Kota Pakal terletak di Sidorejo 2 , Kecamatan Pakal, Kota Surabaya. Untuk sampai ke lokasi ini, dari gapura gang Sidorejo 2, pengunjung harus berjalan lagi sejauh 500m. jika membawa kendaraan roda dua, bisa parkir tepat sebelum rel kereta Api.

Hutan Kota pakal menawarkan suasana Alam yang jarang dimiliki oleh kota-kota besar. Suasana alam yang dimiliki berupa pemandangan hijau dan menyejukkan Kota Surabaya terus menyeimbangkan pembangunan di banyak sector, termasuk perihal kestabilan lingkunagn.

Suasana Hutan Kota Pakal

Meski baru dua kali ke sini, saya suka dengan suasananya yang sejuk. Meski di beberapa bagian masih ada spot yang gersang dan perlu dikembangkan lagi, datang ke tempat ini tidak rugi. Dikelilingi pohon cemara udang yang mulai  rimbun dan angin sepoiu-sepoi yang berembus di tepian danau, membuat suasana betah.

Tak lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto di tempat ini. Ajeng, teman saya senang sekali karena stok foto untuk feed IG nya bertambah. Hehehe.Deretan pohon cemara udang yang menghijau merupakan spot yang menarik untuk berfoto.

Di lahan seluas 6 hektar ini juga digunakan sebagai tempat budidaya beberapa jenis ikan. Disediakan kolam pancing sederhana di bagian belakang. Hutan Kota Pakal  sudah dilengkapi dengan toilet dan mushola . Tak perlu khawatir kelaparan juga, ada sederetan PKL  yang siap memanjakan perut pengunjung dengan jajanan-jajanan yang enak.

Karena saya kemarin datang di hari minggu, suasanya cukup ramai. Banyak pengunjung yang membawa keluarga untuk sekadar menikmati hari libur. Ada ibu-ibu dari warga setempat yang memimpin senam, ada hiburan panggung dengan beberapa orang yang ikut bernyanyi.

Suasana di hari minggu cukup ramai disbanding waktu saya berkunjung di hari aktif. Meski masih banyak yang harus dibenahi, namun hutan kota Pakal ini merupakan alternative tempat liburan murah bagi warga Kota Surabaya yang sehari-hari dikepung rutinitas yang melelahkan. Bersantai, menikmati angin semilir sambil bercengkerama dengan keluarga, teman atau pasangan merupakan momen berharga yang bisa dilakukan di sini.

HTM Hutan Kota Pakal

Hutan Kota Pakal termasuk  salah satu ruang terbuka hijau yang dimiliki kota Surabaya. Sampai saat ii tidak ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung alias gratis. Namun, bagi yang membawa kendaraan roda dua, cukup membayar parkir sebesar 3000 rupiah. Cukup murah, bukan?

Akses Lokasi

Untuk akses lokasi sendiri bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan angkutan yang menuju terminal Benowo seperti Lyn BJ atau Lyn DKB. Untuk lebih mudahnya juga bisa menggunakan ojek online kesayangan.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *