Jawa Timur, Kuliner, Kuliner Surabaya, Surabaya

Rawon Pak Pangat, Rawon Legendaris di Surabaya

rawon-pak-pangat

 

Rawon Pak Pangat, Rawon Legendaris di Surabaya –  Siapa yang nggak kenal Rawon, makanan berkuah yang cukup mudah ditemukan di Surabaya dan masuk dalam salah satu kuliner khas Jawa Timur. Rawon termasuk jenis makanan berkuah (sup) yang berwarna hitam karena dibuat dari bumbu lengkap dan campuran kluwek (orang luar Jawa biasa menyebutnya kepayang, yang bisa bikin mabuk :D)

“Bu Peri, aku tangal 26 ini pulang ke Surabaya. Ke Rawon Pak Pangat, yuk!”  Sebuah pesan WA dari Anggik kuterima beserta jadwal kepulangan bu drh. kesayanganku itu. Iya, sobatku satu itu kini bertugas di Cimahi, setiap kepulangannya ke Surabaya selalu saja kami (Agrita) menyempatkan untuk berkumpul dan tentu saja…. berburu makanan 😀

Di Surabaya ada beberapa penjual  Rawon yang cukup populer. Yaitu Rawon Kalkulator, Rawon Setan, dan Rawon Pak Pangat ini.

Rawon Pak Pangat

Siang itu ketika aku dan Anggik sampai di lokasi Rawon Pak Pangat, suasana sedikit lengang. Namun tak lama setelah kami duduk rombongan pengunjung berdatangan memenuhi tempat tersebut. Meski lokasi tak terlalu berada di jalan raya, tapi pengujungnya cukup banyak.

Ada beberapa pilihan menu, akhirnya aku memilih Nasi Rawon Suwir sementara Anggik memilih Nasi Rawon Campur dan sebutir Telur Asin.

rawon-suwir-rawon-campur

Sekitar 15 menit kami menunggu, pesanan kami datang. Saat datang, antara nasi dan  kuah rawon disajikan secara terpisah. Haha…  entah kenapa aku tak terbiasa makan makanan berkuah yang harus dipisah begini. Sedikit akward.. hal ini berlaku juga kalau aku menikmati soto, lebih suka yang kuahnya dicampur seperti saat aku makan Soto Bell Dok di Jombang yang kuahnya langsung dicampur.

Detil-rawon-suwir
Menu Rawon Suwir

Rawon Suwir yang kupesan berisi nasi putih, daging empal yang disuwir-suwir (hampir mirip abon tapi masih kasar berserat), sepotong tempe goreng, tauge pendek (cambah rawonan) dan sambal. Sedangkan Rawon Campur yang dipesan Anggi isinya cukup variatif. Selain Nasi dan empal suwir, ada krengsengan dan bali tahunya juga. Namun, yang aneh dari dua menu tersebut harganya sama.

Rawon-campur-pak-pangat
Rawon Campur Pak Pangat

Rasa empal suwirnya gurih dan manis, menurutku bener-bener mirip rasa abon sih cuma lebih kasar. tapi cocok dan masuk di lidahku.   Untuk kuahnya rasanya gurih dan sedikit manis jadi inget makanan di Semarang yang cenderung manis.

Keistimewaan Rawon Pak Pangat 

Lalu, apa yang membedakan Rawon Pak Pangat dengan Rawon pada umumnya? Secara tempilan sudah jelas berbeda. Rawon pada umumnya disajikan dengan potongan daging kotak-kotak yang direbus bersamaan dengan kuah rawonnya. Disajikannya juga bersamaan dengan kuahnya.

Sedangkan rawon Pak Pangat sedikit berbeda dengan rawon pada umumnya. Dagingnya lebih menggunakan daging empal suwir yang cenderung kering dan dimasak secara terpisah dengan kuahnya. namun aku kurang tahu dengan tampilan Rawon Iganya, karena kemarin nggak pesan menu itu. mungkin lain kali akan aku update saat nyoba Rawon Iga Pak Pangat. Untuk Kuahnya sendiri  tidak terlalu kental alias lebih light ketimbang kuah Rawon Kalkulator yang pernah aku coba. menikmati rawon, aku lebih suka yang berkuah hitam kental. Ada yang aku sayangkan ketika makan di sini, yaitu porsi nasinya yang sedikit. wkwkw…

Menu dan Harga Rawon Pak Pangat

Harga-rawon-pak-pangat
daftar harga Rawon Pak Pangat

Saat aku menulis ini di tahun 2020, harga seporsi Nasi Rawon Pak Pangat dibanderol dengan harga 26.000 hingga yang termahal Rawon Iga seharga 35.000.  harga yang lumayan sih menurutku, lebih overprice dari harga Rawon kalkulator di Taman Bungkul yang masih 20.000an .

Semua menu di Rawon Pak Pangat ini favorit. tapi menurutku, lebih baik memilih menu rawon campur, selain dapat rawon juga bisa mencicipi rasa krengsengan dan bali tahunya.

Lokasi Rawon Pak Pangat

Rawon-pak-pangat-ketintang

Di Surabaya sendiri, ada beberapa cabang Rawon Pak Pangat, Aku dan Anggik memilih yang berada di Ruko Lotus Regency. Selain karena tempatnya berada di pinggir jalan, aku tak perlu susah payah parkir masuk mall/lokasi perbelanjaan. Seperti diketahui, lokasi Rawon Pak Pangat yang lain ada di DTC Wonokromo , parkirnya bikin pusing.

Tempatnya cukup luas dengan banyak meja, bisa memilih duduk di luar maupun dalam. memilih duduk di dalam bukan solusi yang tepat, aku kemnarin cukup kepanasan. kipas angin yang tersedia ternyata nggak cukup mengantisipasi panasnya Surabaya di siang hari.

Lokasi Cabang Rawon Pak Pangat lainnya:

  • Pasar Wonokromo Gedung DTC – LDA Blok C-9 Surabaya
  • Ruko Delta Niaga Utara No.9 Delta Sari Waru-Sidoarjo

Untuk lebih lengkap lokasi rawon Pak Ruko Lotus Regency bisa cek maps di bawah ini 

Rawon Pak Pangat Wonokromo

Ruko Lotus Regency

Jln. Ketintang Baru Selatan I No.15, Ketintang, Gayungan Surabaya

Buka Setiap Hari pukul 06.00 – 21.00

Nah itu tadi ulasanku saat makan di Rawon Pak Pangat Wonokromo, makanan di tempat ini cukup cocok jika kalian membawa tamu dari luar kota yang ingin menikmqati kuliner di Surabaya.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *