BLITAR, jalan-jalan, Jawa Timur

Itinerary Keliling Wisata Kota Blitar Dalam Sehari

Itinerary Keliling Wisata Kota Blitar Dalam Sehari – Sudah hampir tiga bulan ndekem di rumah saja gara-gara Corona. Tentunya sudah mulai merindukan kebebasan, bukan? Sama. Jika Corona ini sudah berakhir, tempat mana yang ingin kalian kunjungi?

 Saat sedang suntuk di Surabaya, aku pernah main-main ke kota sebelah dalam sehari. Dua tahun belakangan aku memang sedang suka perg ke tempat-tempat baru, mencoba keluar sejenak dari zona nyaman selama ini. Ada beberapa kota tetangga Surabaya yang bisa dikunjungi dalam satu hari. Di antaranya Mojokerto, Nganjuk, Kediri, Tulungagug, Blitar dan Malang. Kota-kota tersebut Hanya membutuhkan waktu tempuh 3-5 jam dari Surabaya. Alternatif untuk pergi liburan dengan budget pas-padan.

Beberapa waktu lalu, aku sempat berjalan-jalan sebentar keliling kota Blitar karena bosan dengan situasi Surabaya. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk sekadar mencari suasana baru. Berikut aku tuliskan Tempat-tempat yang bisa dikunjungi sehari di Blitar, siapa tahu nanti kalau Corona sudah pergi mau main ke Sini.

Ambil Kereta Jadwal pertama dan Terakhir

 

Sebelum Ke lokasi, pastikan dulu dapat tiket berangkat dan pulangnya ya. Karena tiket kereta lokal satu ini biasanya selalu habis terjual. Kereta Api Lokal yang melayani relasi Surabaya-Blitar adalah kereta Dhoho dan Kereta Penataran. Dengan harga 15.000

Ambil kereta pertama dari Surabaya menuju Blitar. Kereta pertama (melalui jalur Malang berangkat pukul 04.10) sedangkan Kereta berikutnya melalui Kediri pukul 04.30. Tiba di Stasiun Blitar pukul 10 pagi.

Untuk pulangnya, pilih kereta yang paling akhir berangkat yaitu pukul 17.45 dan tiba di Surabaya pukul 22.30. Oh iya, sekarang pemesanan tiket kereta local juga harus melalui KAI Access, dan pembelian langsung di Stasiun hanya bisa dilayani 3 Jam sebelum keberangkatan.

Transportasi selama di Blitar

Jalan-jalan sendirian? Jangan khawatir karena di Blitar banyak transportasi yang bisa digunakan. Seperti ojek daring, becak, maupun ojek pangkalan. Syukur-syukur kalau ada teman di kota terse

WISATA DAN KULINER KOTA BLITAR

Kuliner Soto Daging Bok Ireng

Setelah menempuh perjalanan Surabaya – Blitar  5 Jam di kereta, cacing di perut sudah meronta-ronta minta dikasih makan. Salah satu warung yang direkomendasikan oleh teman-teman yang tinggal di Blitar untuk pelancong  adalah Soto daging Bok Ireng. Soto daging Bok Ireng terletak di jalan Kelud, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul kota Blitar
Sotonya unik disajikan dalam mangkok kecil yang porsinya pas untuk perut mungilku. Waktu itu  Harganya 10.000 setiap porsinya. Letak penjual soto ini hanya berjarak 1,5 km dari stasiun, jika menggunakan layanan transportasi online roda dua hanya membutuhkan waktu tempuh 5 menit dengan estimasi biaya 5000-8000 rupiah saja.

Istana Gebang

Istana-Gebang-Blitar

Setelah mengisi perut, saatnya melanjutkan ke desti nnasi pertama yaitu istana gebang. Istana gebang merupakan kediaman orang tua Bung Karno dan tempat tinggal Bung Karno semasa kecil yang saat ini dikelola oleh pemerintah daerah sebagai situs sejarah. Banyak barang-barang peninggalan Bung Karno dan keluarga  yang tersimpan rapi di tempat ini. Tidak ada biaya tiket yang dibebankan pada pengunjung di Istana Gebang. Pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu.
Suasana sejuk saat aku berada di dalam istana gebang membuat betah berlama-lama di sini.  Ada petugas yang siap menjelaskan sejarah dari rumah beserta setiap barang peninggalan Bung Karno di tempat Ini.

Istana Gebang terletak di Jalan Sultan Agung No.59, Sananwetan Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Taman Kebon Rojo

Taman-rekreasi-Kebon-Rojo

Setelah berpuas-puas mengulik sejarah di Istana Gebang, bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Kebon Rojo. Taman Kebon Rojo merupakan taman rekreasi keluarga yang berada di Kota Blitar. Tempat ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan Jika kalian pernah berkunjung ke Taman Flora Surabaya, suasananya tak jauh beda. Sejuk dikelilingi pepohonan-pepohonan yang rindang.

Di hari libur, taman ini dipenuhi oleh pengunjung. Banyak keluarga yang berekreasi di taman ini dan membawa anak-anaknya. Ada wahana permainan untuk anak-anak berupa Flying Fox , ada pula beberapa hewan yang dapat dijadikan sarana edukasi opengenalan jenis hewan, unggas dan tumbuhan.
Taman Kebon Rojo terletak di Jalan Diponegoro No. 12 Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Dari istana gebang menuju taman Kebon Rojo hanya 500 meter, teman-teman bisa berjalan kaki untuk menghemat biaya. Tidak ada tiket masuk untuk bersantai di taman ini, kecuali membayar parkir bagi yang membawa kendaraan bermotor.

Monumen PETA

Monumen-peta-Blitar

Sebelum melanjutkan ke tempat berikutnya, ada Monumen Peta yang terletak tidak jauh dari Taman Kebon Rojo. Monumen Peta dibangun untuk mengingat pemberontakan PETA pada tentara Jepang yang berpusat di Blitar pada tahun 1945. Saat itu pemberontakan di Blitar dipimpin oleh Soedanco Supriyadi.

Monumen Peta terletak di Jalan Soedanco Supriyadi yang letaknya berseberangan dengan Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya.

Kompleks makam Bung karno

Makam-bung-karno

Destinasi selanjutnya,   adalah kompleks makam bung Karno, berjarak dua Km dari taman Kebun Rojo, Makam Bung Karno terletak di kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Merupakan destinasi wajib bagi teman-teman jika bertandang ke Kota Blitar.
Komplek Makam Presiden RI yang pertama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kota Blitar yang mampu mendatangkan ratusan pengunjung setiap minggunya. Tak sedikit pula banyak orang yang meminta keberkahan saat berziarah ke makam bung karno dengan berbagai cara. Di Komplek Makam Bung Karno terdiri dari beberapa bagian.

  • Perpustakaan Bung Karno
  • Museum Bung Karno
  • Makam Bung Karno
  • Gong Perdamaian
  • Pasar Murah

Alun-alun Kota Blitar  & RTH Taman Pecut

Aloon-aloon-Kota-Blitar

Destinasi terakhir sebelum kembali ke Stasiun adalah mengunjungi alun-alun Kota Blitar Dan Ruang Terbuka Hijau  (RTH) Taman Pecut yang terletak berseberangan. Jangan lupa juga menjajal kenikmatan es Pleret Blitar yang dijual di sekitar Alun-alun. Dua tempat ini biasa digunakan warga sekitar untuk berolahraga di sore hari, berkumpul bersama teman atau sekadar menikmati udara segar.

Taman-pecut-kota-blitar
Sebenarnya, selain tempat-tempat ini masih ada beberapa tempat yag bisa dikunjungi saat di Kota Blitar. Seperti Candi Penataran, Kampung Cokelat, dan beberapa tempat lainnya. Lain kali akan saya update ketika main di kota Sejarah ini.

Nah, itu tadi destinasi yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Blitar. Kalau kalian suka traveling sendirian bisa dicoba tuh mengunjungi destinasi-destinasi tersebut.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *