jalan-jalan, Tips Travelling

Tips Solo Travelling Naik Motor Untuk Perempuan

Tips Solo Traveling Naik Motor Untuk Perempuan -Traveling merupakan hal paling menyenangkan yang disukai oleh banyak orang. Setiap orang memiliki tujuan dan pandangan berbeda mengenai aktivitas satu ini. Ada yang melakukan Traveling untuk menghilangkan penat, karena hobi, karena ingin berpetualang, karena ikut-ikutan teman, atau karena penasaran dengan suatu tempat yang ingin dikunjungi. 

Bagiku sendiri, traveling merupakan sarana untuk merefresh diri, menghilangkan penat, mencari pengalaman baru dan mengasah kemampuan diri. 

Beberapa waktu lalu, aku pernah menantang diriku sendiri untuk bepergian ke luar kota yang lumayan jauh yaitu dari Surabaya sampai kota Blitar naik Motor sendirian (yah walaupun melakukan ini karena sebelumnya ada urusan di rumah nenek di Kediri) . Hal yang belum pernah kulakukan selama ini. Sebelumnya, aku hanya sering naik motor Surabaya-Sidoarjo saja. Dua tahun belakangan aku memang sedang dilanda bosan atas rutinitas ku. 

Melakukan hal tersebut, tentu saja komentar banyak berdatangan dari teman dan orang-orang terdekat. Dan beberapa menganggap cukup nekat. Maklum saja, sebagian orang masih menganggap, perempuan ke mana-mana sendirian itu nggak baik. Nggak boleh dan nggak cukup kuat. Entah anggapan seperti ini bagiku hanyalah hal yang menghambat seorang perempuan untuk tumbuh kembang. 

Namun, sebelum melakukan perjalanan Lintas Kota sendirian bagi perempuan, aku punya beberapa Tips yang harus diperhatikan. 

Tips bepergian naik motor  Seorang diri bagi perempuan 

Siapkan Stamina

Stamina adalah hal yang paling penting. Jangan memaksakan diri kalau kondisi badan nggak cukup baik. Karena melakukan perjalanan jauh sendirian, maka kamu sendiri yang harus mengukur kesehatan tubuh masing-masing. 

Pastikan Bensin kendaraan/motor terisi penuh.

Saat melakukan perjalanan, pastikan tangki bensin terisi penuh atau setidaknya ketika  bensin tinggal satu baris segera cari SPBU terdekat. Nggak lucu juga kalau di tengah hutan atau jalanan sepi jauh dari SPBU tiba-tiba kehabisan bensin. 

Baterai HP terisi penuh dan siapkan Power Bank

Keberadaan Smartphone atau handphone sangat penting untuk berkomunikasi dan membaca Maps. Saat melakukan perjalanan, selalu kabarkan posisi dan kondisi pada keluarga atau kerabat secara berkala.

Bisa Baca Maps

Nah ini penting. Pastikan kamu bisa baca Maps di handphoneJangan Seperti aku yang suka bingung baca Maps wkwk. Lebih aman aktifkan pratinjau rute biar nggak salah jalan. 

Jangan malu bertanya saat tersesat

Menggantungkan sepenuhnya pada Maps terkadang juga menyesatkan. Ada beberapa jalan yang harusnya tidak dilewati tapi pada Maps malah dilewati. Jangan malu bertanya pada penduduk lokal saat Maps mulai melewatkanmu pada jalan-jalan tak masuk akal

Bawa bekal air mineral

Melakukan perjalanan jauh seorang diri, tubuh juga perlu cairan. Siapkan bekal air mineral di dalam tas agar bisa diminum sewaktu-waktu saat merasa haus. Berkendara dengan motor cukup berpengaruh pada pinggang karena duduk terlalu lama. 

Bawa mantel/Jas hujan.

Bukan cuma sikap gebetan aja yang tak menentu, cuaca di jalanan juga suka tak menentu. Berubah-ubah kadang panas kadang hujan. Nah, untuk mengantisipasinya, pastikan mantel/jas hujan selalu berada di jok motor. 

Jangan berkendara saat malam

Hal penting lainnya lagi bagi seorang perempuan yang melakukan perjalanan jauh adalah jangan terlalu malam. Kita nggak pernah tahu bahaya apa yang akan mengintai di malam hari dengan kondisi gelap. Apalagi jika melalui jalanan yang cukup sepi. Lakukan perjalanan saat pagi hari atau sore hari ketika masih cukup terang 

Istirahat saat capek

Kalau badan sudah merasa lelah, istirahatlah barang sebentar. Entah itu di warung, masjid atau SPBU. Melakukan perjalanan jauh tapi kondisi badan juga harus tetap diperhatikan. 

Nah itu tadi beberapa Tips yang harus diperhatikan bagi perempuan jika ingin traveling tapi dengan berkendara sendiri. Aku sendiri merasa Cukup menyenangkan, walaupun capek. Tapi sungguh hal tersebut jadi pengalaman tersendiri buatku. Selagi masih ada kesempatan, kenapa nggak melakukan hal-hal menyenangkan. Kamu, mau nggak kuajak berpetualang? 

Tagged , , , ,

About Rieagustina

Selain Suka Pantai, Aku juga suka kamu :)
View all posts by Rieagustina →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *