jalan-jalan, Jawa Timur, Mojokerto

Air Terjun Grenjengan, Pacet Mojokerto

Sudah siap New Normal? Sudah siap jalan-jalan lagi dengan protokol kesehatan COVID-19? mungkin nanti salah satu tempat ini bisa jadi referensi berlibur tipis-tipis yang letaknya tak jauh dari Surabaya. Selain Pantai, destinasi wisata Jawa Timur menawarkan keindahan alam lainnya, seperti gunung, hutan pinus, hingga air terjun. Di Mojokerto , Jawa Timur, ada beberapa wisata yang bisa dikunjung, salah satunya adalah Air Terjun Grenjengan.

Beberapa waktu lalu aku sempat main ke Pacet, Mojokerto dan mengunjungi dua air terjun yang terdapat di Mojokerto yaitu, Air Terjun Grenjengan dan Air Terjun Surodadu. kali ini aku akan menulis tentang air terjun Grenjengan.

Air terjun ini  berada satu lokasi dengan Wana Wisata Padusan yang terdiri dari  Air terjun grenjengan, Kolam Pemandian Air Panas, Taman Kelinci dan Air Terjun Coban Canggu.

Melewati Area  Hutan Pinus

Air terjun Grenjengan terletak di di desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Akses menuju Air Terjun Grenjengan sebenarnya sangat mudah, ada papan penunjuk yang siap memandu kalian untuk menuju lokasi. Dari pemandian air panas, cukup berjalan menuju area parkir mobil wana wisata Padusan hingga ke ujung dan menemukan sebuah jalan setapak yang menanjak.

Ikuti jalan setapak, akan ada papan penunjuk Air terjun Grenjengan sejauh 600m dari tempat tersebut. Setelah melewati deretan warung , teman-teman dapat  mengikuti  jalan ke  area hutan yang dikelilingi pohon-pohon pinus dan pohon-pohon lain  dengan area  lapang yang cukup luas. Area ini biasa digunakan sebagai area kemping/outbond.

Pemandangan pohon dan hijaunya rerumputan di area ini cukup menyegarkan mata. Aku sempat berhenti beberapa kali untuk sekadar mengambil foto .Dikelilingi pohon pinus yang tinggi menjulang.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grenjengan Mojokerto

Di Area lapang tersebut, teman-teman akan melihat sebuah gapura selamat datang yang dilengkapi dengan pos kecil. Nah, di tempat ini, pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk Air terjun Grenjengan sebesar 8000 rupiah per orangnya, cukup murah bukan? Tiket ini berbeda dengan tiket retribusi sebesar 15.000 yang dikenakan sebelum memasuki area Wana Wisata Padusan.

Jalan setapak menuju air terjun

Setelah membayar, pengunjung melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak  selebar satu meter sejauh 150m untuk menuju air terjun Grenjengan.  Setelah beberapa saat, akan terdengar suara air mengalir , menandakan air terjun sudah dekat.

Air Terjun sejuk dari Aliran Gunung Welirang

Lelahnya Perjalanan sejauh 600 m (yang rasanya lebih dari 600m)  terbayarkan begitu  sampai di area Air terjun. Hawa sejuk langsung menusuk di badan. Air terjunnya cukup tinggi, kemungkinan lebih dari 50 m dengan aliran yang sangat deras, airnya sendiri  sangat jernih dan bersih. Air Terjun Grenjengan berasal dari aliran mata air di Gunung Welirang, yang juga berada di Mojokerto.

Area di sekitar air terjun Grenjengan tidak terlalu luas, jika area sedang ada beberapa pengunjung, mau nggak mau harus bergantian untuk mengambil foto. Setelah berpuas mengambil foto, pengunjung bisa berendam atau bermain air di kolam dangkal yang tepat berada di bawah air tejun sembari menikmati guyuran air dingin dari atas.

Di Area ini juga dilengkapi dengan kamar mandi, yang dipersiapkan untuk pengunjung mandi setelah puas bermain air. Jadi, jangan khawatir kalau ingin bermain air.

Namun sayang sekali, sewaktu aku ke sini nggak bawa ganti, selain itu sudah cukup sore sesampainya di Air terjun.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Grenjengan

Meski dibilang medan yang dilalui tidak terlalu sulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke lokasi satu ini. Pertama, Gunakan alas kaki yang nyaman. Berjalan sejauh 600 m cukup melelahkan bagi yang tidak biasa, apalagi di awal harus berjalan menanjak. Gunakan alas kaki yang ringan, berbahan karet, tidak licin, tidak ber-hak namun juga tidak tipis.

Kedua,siapkan air mineral. Agar tubuh tidak dehidrasi saat berjalan ke lokasi.  Ketiga, siapkan pakaian ganti dan peralatan mandi jika ingin bermain air atau menikmati guyuran air terjun.

Keempat, jangan lupa  amankan  alat-alat elektronik agar tidak terkena air. Kan sayang kalau sudah foto-foto cantik, namun HP atau Kamera jadi rusak karena terkena air.

Terakhir, jangan lupa tetap jaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan  agar keindahan alam dapat tetap terjaga.

Nah, itu tadi ulasan sekaligus tips singkat saat berkunjung ke Air Terjun Grenjengan yang terletak di Pacet, Mojokerto. Gimana, uah pernah main ke air terjun ini?

Tagged , ,

About Rieagustina

Selain Suka Pantai, Aku juga suka kamu :)
View all posts by Rieagustina →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *