Jawa Timur, Kuliner

Makan Siang di Rawon Rosobo Mojoagung Jombang

rawon-rosobo-mojoagung-jombang


Makan Siang di Rawon Rosobo Jombang – Minggu lalu saat aku pulang dari Kediri, aku sudah kepikiran untuk mampir ke Rawon Rosobo. Eh.. begitu udah arah pulang malah kebablasan saking fokusnya nyetir.
Beruntungnya urusanku minggu lalu belum selesai, jadi sewaktu lewat arah yang sama balas dendam gitu ceritanya dengan mampir ke Rawon Rosobo. Wkwkw
Kalau ke Jombang, Jawa Timur, belum lengkap kalau belum mencicipi Kuliner jombang. Ada kuliner Jombang yang cukup terkenal yaitu Soto Dhok dan Rawon Rosobo.

jam menunjukkan makan siang saat aku sudah masuk jombang, waktunya tepat sekali jam 12.15 aku sampai di Alun-alun Mojoagung.

Rawon Rosobo Yang Legendaris

Sejarah

Rawon Rosobo berawal dari sebuah warung kecil di pinggir jalan depan Pasar Mojoagung. namun akhirnya pasar Mojoagung direlokasi dan dibangun menjadi Alun-alun Mojoagung. Warung Rawon Rosobo akhirnya berpindah ke sebelah Timur Alun-alun Mojoagung dan berkembang menjadi depot makan yang cukup besar.

Pelayanan

Pemilik nampak melayani pengunjung

Soal pelayanan aku cukup mengacungi jempol pelayanan yang diberikan. Meski sudah cukup besar, pemilik yang sudah separuh baya (baru googling, pemiliknya namanya Pak Kadir) dan Istrinya yang dengan sigap menghitung dan menyambut pengunjung yang akan memesan.

Aku memilih duduk di meja depan kasir, menghadap ke luar yang berhadapan langsung dengan alun-alun Mojoagung. sayangnya andanganku melihat alun-alun terhalang oleh pot tumbuhan yang besar.

Karyawan-karyawannya cukup cepat melayani pemesan. Aku yang baru pesan, kemudian baru menarik kursi untuk duduk, eh pesanan Rawonku sudah diantar.

Tempat dan Fasilitas

Rumah makan satu ini cukup luas dan mampu menampung banyak pengunjung. Dari pintu masuk, melebar ke samping kanan akan nampak berjejer puluhan kursi dan meja makan.

Untuk fasilitas sebagai rumah makan, cukup lengkap. Ketersediaan mushola, toilet juga ada. Begitu masuk di sebelah kanan terdapat wastafel yang bisa digunakan untuk cuci tangan.

Juga disediakan baby chair, untuk pengunjung yang membawa bayi.

Tampilan dan Rasa

Daging-Rawon-rosobo-

Aku cukup kaget melihat potongan daging besar dan lebar yang tersaji dalam sepiring Rawon di depanku. Untungnya sajian makanan berkuah ini manusiawi rawon pada umumnya dengan nasi dan kuah yang dijadikan satu dalam satu piring. Berbeda dengan saat aku makan Rawon Pak Pangat di Surabaya yang kuah dan nasinya dipisah.

Seperti Rawon pada umumnya, nasi Rawon Rosobo terdiri dari nasi,kuah rawon, potongan daging, taoge pendek (ganteng), dan sambal terasi. Yang membedakan, potongan daging Rawon Rosobo ini super jumbo.

Jika Rawon Pak Pangat di Surabaya terkenal dengan daging empal suwirnya, Rawon Legendaris di Mojoagung ini terkenal dengan potongan dagingnya yang sebesar setengah telapak tangan orang dewasa. Gede nemen…
Nggak nunggu lama, aku langsung menyicip kuah rawonya dan hmmm… rasanya nikmat. Kuahnya tampak lebih kental daripada Rawon pak Pangat, meski begitu warnanya nggak pekat. Menurutku rasa asin kuahnya pas, ngggak asin juga nggak hambar. Yang justru kutangkap lebih dominan di lidahku adalah rasa ketumbarnya bukan kluweknya.

Lanjut ke potongan daging yang super jumbo, meski potongannya besar dan tebal tapi dagingnya super empuk jadi mudah kubelah dengan garpu. Saat dikunyah, super empuk dan lembut di lidah. Jadinya nggak bikin rahangku sakit. haha… dibumbu dengan sangat gurih seperti bumbu lapis.

Puji syukur berikutnya, Sambal terasinya berada di pinggir piring. aku jadi nggak perlu susah payah menyisihkan.

Yang menyenangkan, es teh yang kupesan gelasnya cukup besar alias jumbo. Porsinya cukup mengerti bagi pagi para pelancong yang kehausan dan kepanasan di jalan.

Baca Juga: Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang

Menu di Rawon Rosobo


Meski menu utamanya adalah Rawon, tapi di tempat ini juga menyediakan menu lain yang cukup populer. Jika tidak ingin memesan Rawon, ada Nasi Rames dan Bakso Rosobo. Ada menu lain yang bisa di pesan, yang terpajang di etalase kaca. Ada telur asin yang memang jadi pasangannya Rawon, tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng, cumi-cumi bakar, udang, sayur asem dan beberapa menu lainnya. Sayangnya kemarin aku nggak sempat mengambil foto. (lain kali akan kuupdate kalau mampir ke sini lagi. heheh…) .


Harga Rawon Rosobo Mojoagung Jombang

Saat aku makan di Rawon Rosobo pada Oktober 2020, Harga sepiring rawon Rosobo dibanderol dengan harga 25.000 per porsi. Dengan segelas es teh cukup merogoh kocek sebesar 30.000 . menurutku harga segitu sudah cukup worthed kok. Nggak jauh beda dengan harga Rawon Pak Pangat yang dibanderol dengan harga 28.000 seporsi.

Alamat Rawon Rosobo Jombang

Rawon-rosobo-jombang

Kuliner Mojoagung satu ini terletak di sebelah timur alun-alun Mojoagung. Tepatnya di Jalan Raya Mojoagung No. 191, Kabupaten Jombang.
Menjadi rumah makan yang cukup luas dan dapat menampung rombongan dengan jumlah besar. Banyak pengunjung yang dalam perjalanan luar kota mampir menyempatkan makan di sini.

Di sisi Timur alun-alum Mojoagung cukup masuk 50 meter dari jalan besar. Aksesnya juga mudah karena tersedia di maps


nah itu tadi pengalamanku saat makan di Rawon Rosobo Mojoagung Jombang. Ayo siapa yang sudah pernah makan di sini? bagi pengalaman kalian saat menyantap makanan berkuah hitam ini di kolom komentar ya..

Tagged ,

About Rieagustina

Selain Suka Pantai, Aku juga suka kamu :)
View all posts by Rieagustina →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *