5 Cara menghemat pengeluaran Travelling agar Tak Membengkak

5 Cara menghemat pengeluaran Travelling agar tak membengkak – liburan atau travelling merupakan hal yang paling banyak disukai oleh orang. Travelling dapat menjadi pereda dan penghilang penat di kala lelah dari rutinitas sehari-hari

Liburan dengan bebas barangkali saat ini adalah hal yang palin dirindukan. Bisa bisa ke mana-mana tanpa memakai masker,  mematuhi protokol kesehatan yang ketat, tanpa was-was adanya penularan virus.
Yap. Meski belum bisa liburan dengan tenang, kita semua pasti sudah memiliki angan-angan untuk menentukan destinasi liburan. Hal yang paling krusial dalam menentukan travelling adalah budget.
kita semua tentunya memiliki keinginan agar liburan kita menyenangkan namun tetap tidak menjadikan anggaran yang membengkak atau besar pasak daripada tiang.
Nah sambil berangan-angan bisa liburan lagi dengan bebas, ada baiknya memperhatikan tips berikut ini agar pengeluaran saat traveling nanti tidak membengkak.

1. Buat daftar anggaran dan Destinasi
Hal pertama saat akan travelling adalah menentukan destinasi atau tujuan mana saja yang ingin dikunjungi. Membuat daftar anggaran kira-kira atau daftar batas anggaran yang akan dikeluarkan di setiap destinasi dapat menjadi batasan pengeluaran saat liburan. Daftar anggaran ini termasuk biaya tiket masuk ke tempat wisata, biaya akomodasi dan transportasi, anggaran makan dan anggaran tak terduj

2.  Pilih homestay atau hotel bintang satu atau gunakan rumah singgah
Saat travelling homestay biasanya hanya dijadikan tempat persinggahan mandi dan tidur saja. Untuk itu anggaran untuk tempat tinggal atau bermalam ada baiknya tidak perlu mengeluarkan anggaran yang cukup banyak. Ada baiknya booking pada jauh-jauh hari atau manfaatkan saat ada promo voucher potongan.


Di beberapa daerah terdapat rumah singgah yang yang bisa ditempati oleh para traveler traveler saat berkunjung. Kita bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut untuk sekadar menumpang tidur saat malam hari.

3. Gunakan transportasi umum
jika destinasi yang diinginkan memungkinkan untuk dilewati jalur transportasi umum, ada baiknya hindari menggunakan taksi. Gunakan transportasi umum atau transportasi daerah setempat selain lebih hemat Kita juga bisa berinteraksi dengan warga domestik atau warga lokal dan bisa belajar kebudayaan atau kebiasaan sehari-harinya.
4.berjejaring dengan Komunitas Wisata
berjejaring dengan komunitas wisata di berbagai daerah memiliki manfaat yang cukup besar dalam membantu kita saat melakukan travelling ke daerah-daerah tersebut. selain memudahkan sebagai penunjuk jalan, pemandu wisata biasanya cukup membantu saat kita membutuhkan bantuan di daerah agar tidak mudah ditipu atau dibohongi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Hindari penggunaan Pay Later
Beberapa platform kini menawarkan penggunaan paylater atau membayar kemudian setelah melakukan liburan. Namun jika diperhatikan hal ini justru tidak baik bagi kesehatan kantong. Bisa liburan menyenangkan namun kemudian harus membayar biaya beserta bunga-bunganya yang justru lebih besar daripada jumlah di awal.


6. Hindari membeli oleh-oleh yang tak penting
Bagi sebagian orang liburan tanpa membeli oleh-oleh bagaikan sayur tanpa garam alias kurang lengkap. Pernahkan kita mengalami kalau pergi ke beberapa daerah yang belum belum pernah dikunjungi kita sibuk menentukan oleh-oleh yang akan dibawa pulang. tanpa sadar saat pulang ternyata pengeluaran untuk oleh-oleh cukup banyak dan menguras kantong.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat digunakan sebelum melakukan travelling. Liburan dengan menyenangkan namun kantong tetap sehat pasti menjadi dambaan, bukan? Teman-teman punya tips apa nih agar pengeluaran saat liburan tidak membengkak? Bagi tipsnya dong.. hehehe

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *